Rabu, 19 November 2008

Sejarah Berdirinya AMS Distrik Sukabumi


Sejarah AMS Kota Sukabumi


Setelah AMS resmi berdiri sebagai suatu lembaga, dengan memiliki kelengkapan formalitas suatu organisasi seperti Piagam pendiri AMS 10 Nopember 1966, AD/ART AMS dan Pedoman Perjuangan AMS yang disebut “Tri Dharma Perjuangan AMS” maka secara otomatis berdiri pula pada saat yang sama AMS Distrik Bandung, yang di ketuai oleh G. Gani Kusuma Subrata.
Sedangkan Distrik Pertama yang dibentuk melalui prosedur organisasi adalah AMS Distrik Sukabumi, yaitu hanya tiga bulan setelah penandatanganan piagam. Uniknya dari Distrik AMS Sukabumi ini adalah pembentukannya di prakarsai oleh M. Askar. S (Penanda tangan piagam pendiri dengan nomor urut 11) yang baru berusia 19 tahun dan masih menjadi siswa SPMA (Sekolah Pertanian Menengah Atas) di Tanjung Sari (Sumedang).
Lebih menarik lagi adalah bahwa yang dilantik menjadi Ketua Distrik Sukabumi ialah seorang wanita, yaitu Tati Hartati Emohardja (25 tahun).
Sejarah singkat AMS Distrik Sukabumi yang terekam dalam ingatan beberapa pendiri adalah :
M. Askar S. Putra Bupati KDH Tingkat II Sukabumi Kudi, mendapat tugas dari PP-AMS untuk membentuk AMS di Sukabumi

Dengan bantuan Duduh Hermansyah generasi muda yang berbasis di Desa Sukaraja Sukabumi pembentukan AMS ini dapat teralisasikan.

Pada Hari sabtu, tanggal 28 Februari 1967, pukul 19.00 Wib, di Rumah Makan Intisari Sukabumi, Distrik AMS Sukabumi resmi berdiri pengurusnya dilantik oleh PP-AMS memlalui Surat Keputusan yang pertama dikeluarkan PP-AMS dengan nomor : 001/TP/1967.

Pengurus Distrik AMS Sukabumi periode 1967-1969 yang merupakan periode pertama di ketuai oleh Tati Hartati Emohardja dan Sekretaris Kunkun.

Pengurus Pusat yang hadir pada pelantikan tersebut adalah : Tjetje Hidajat Padmadinata (Ketua Umum PP-AMS), Muh. Ganjar (Wakil Ketua Umum), Maman Abdurahman Samhudi (Bendahara), (Lonang) Samsudin Hardjakusumah (Biro Seni Budaya), (Acil) Darmawan Hardjakusumah (Biro Massa), dan Aan Rusnaedi (Biro Rohani)

Atas inisiatif Duduh Hermansyah, pada periode kepengurusan Tati Hartati, di bentuk sebuah yayasan yang bernama Yayasan Simpay Sutra Pameungkeut yang bergerak dibidang pendidikan dan kebudayaan. Kemudian yayasan tersebut diubah menjadi Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Siliwangi AMS (YPKS-AMS) dan pada tanggal 23 Juni 1969 berdirilah STM-AMS Sukabumi.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Semangat terus AMS .